Sabtu, 17 Desember 2011

20 Negara dengan PDB (nominal) tertinggi di dunia versi Algar City

World map showing nominal GDP of countries for the year 2010 according to the IMF.
Legend: (in billions of U.S. dollars)
  > 1,000
  200-999
  10-199
  < 10
  no data



      Berikut adalah daftar 20 negara di dunia yang memiliki produk domestik bruton (PDB) di pasar atau nilai tukar resmi pemerintah tertinggi di dunia. Data di sini adalah perkiraan untuk tahun 2006 yang dihasilkan Dana Moneter Internasional.

1. Amerika Serikat

Washington
Amerika Serikat adalah sebuah republik federal yang terletak di Amerika Utara. Dengan luas wilayah 9,83 juta km2 dan penduduk sebesar 309 juta jiwa, Amerika Serikat adalah negara terbesar ke-3 atau ke-4 berdasarkan total luas wilayahnya dan terbesar ke-3 berdasarkan jumlah penduduk. Negara ini merupakan negara multietnis dan multikultural, yang disebabkan oleh masuknya para imigran dari seluruh dunia. Ekonomi Amerika Serikat merupakan ekonomi yang terbesar di dunia, dengan produk domestik bruto (perkiraan 2008) sebesar AS$14,4 triliun.


2. Republik Rakyat Cina

Beijing, pusat bisnis kota China
Republik Rakyat China adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan, sejarah, dan geografis yang dikenal sebagai Cina. Oleh karena ukurannya yang amat luas dan budaya yang amat panjang sejarahnya, RRC mempunyai tradisi sebagai sebuah negara penguasa ekonomi. Pada tahun 2030, Cins diprediksi dapat menguasai ekonomi di dunia. Sampai saat ini, China memiliki PDB sebesar AS$ 5 triliun.


3. Jepang

Tokyo, kota terpadat di dunia
Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Sebagai negara maju di bidang ekonomi, Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar nomor tiga setelah Amerika Serikat dan Cina, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia.


4. Jerman

Berlin, ibukota Jerman
Republik Federal Jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini merupakan negara dengan posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Jerman (Barat) adalah negara pendiri Masyarakat Ekonomi Eropa. Negara ini juga menjadi anggota zona Schengen dan pengguna mata uang Euro sejak 2002. Sebagai negara penting, Jerman adalah anggota G8, G20, menduduki urutan keempat dalam Produk Domestik Bruto. Jerman juga merupakan negara yang memengaruhi keadaan perekonomian / bursa saham dunia.


5. Perancis

Paris, kota mode dunia
 Perancis merupakan sebuah negara yang teritori metropolitannya terletak di Eropa Barat dan juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lain. Perancis adalah negara maju, dengan ekonomi terbesar kelima (PDB nominal) atau kedelapan (PPP) terbesar di dunia. Perancis pun merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, menerima 82 juta turis asing per tahun (termasuk pelancong bisnis, tapi tak termasuk orang yang menetap kurang dari 24 jam di Perancis).


6. Britania Raya

London, pusat bisnis Inggris
Britania Raya adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Utara di antara Laut Utara dan Samudra Atlantik. Ekonomi Britania Raya merupakan terkuat keenam di dunia dan terkuat ketiga di Eropa setelah Jerman dan Perancis. Mata uang Britania Raya adalah Poundsterling. Sektor pariwisata menyumbang sebagian besar pendapatan nasional negara tersebut dengan lebih dari 27 juta turis yang datang pada tahun 2004 dan dinobatkan sebagai negara dengan kedatangan turis keenam terbanyak di dunia.



7. Brasil

Rio de Janeiro
Brasil adalah negara terbesar di Amerika Selatan. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Selain itu, Brasil juga sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Selain itu, Brasil adalah negara dengan ekonomi terbesar ke-7 di dunia (PDB nominal) dan pertam di Amerika Selatan. Brasil terkenal dengan tariannya yaitu tari Samba dan olahraga Capoera.




8. Italia


Milan, kota mode dunia
Italia adalah sebuah negara di Eropa selatan yang terdiri dari sebuah semenanjung yang berbentuk sepatu boot dan dua pulau besar di Laut Tengah: Sisilia dan Sardinia. Roma, ibukota Italia, selama berabad-abad merupakan pusat politik Dunia Barat. Kota tersebut pernah menjadi ibukota Kekaisaran Romawi. Negara ini memiliki PDB (nominal) sebesar AS$ 2 triliun. Negara ini merupakan produsen otomotif terbesar di dunia. Negara ini menempati peringkat 6 negra pengekspor terbesar di dunia.




9. India

Delhi
India dalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Ekonomi India adalah terbesar keempst di dunia dalam PDB, diukur dari segi paritas daya beli (PPP), dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. India, negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia, juga telah muncul sebagai kekuatan regional yang penting, memiliki kekuatan militer terbesar dan memiliki kemampuan senjata nuklir.


10. Kanada

Toronto
Kanada adalah negara paling utara di Amerika Utara. Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara. Luas negara Kanada 9.970.610 kilometer persegi. Kanada digolongkan negara maju dan ekonominya tergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah. Kanada telah berhasil menghindari resesi ekonomi setelah 2001 dan telah mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang terbaik di dalam grup G8. Dengan banyakanya sumber daya alam, tenaga kerja trampil, dan pabrik kapital modern, Kanada menikmati prospek ekonomi padat.


11. Spanyol

Madrid
Spanyol adalah sebuah negara di Eropa barat daya yang, bersama Portugal, terdapat di Semenanjung Iberia. Ekonomi Spanyol merupakan sistem ekonomi campuran terbesar kesembilan di dunia dan terbesar kelima di Eropa berdasarkan GDP. Spanyol juga merupakan investor terbesar ketiga di dunia. Pariwisata dan industri mobil menjadi salah satu bidang yang paling diandalkan oleh Spanyol.




12. Rusia

Moscow
Rusia adalah sebuah negara yang membentang dengan luas disebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.075.400 km², Rusia adalah negara terbesar di dunia. Saat ini Rusia berusaha keras untuk meraih status sebagai negara adidaya lagi. Meskipun Rusia adalah negara penting, tetapi statusnya masih jauh dibandingkan dengan status Uni Soviet dulu. Rusia memiliki perindustrian yang cukup maju yang merupakan warisan dari masa pemerintahan Stalin. Industri yang dikenal antara lain industri perlengkapan dan peralatan militer.


13.  Australia

Sydney, kota multikultural Australia
Australia adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, pulau Tasman, dan pulau-pulau kecil di samudra Pasifik dan Hindia. Sebagai sebuah negara maju yang makmur, Australia adalah ekonomi terbesar ke-13 di dunia. Australia berperingkat tinggi dalam banyak perbandingan kinerja antarbangsa seperti pembangunan, mutu kehidupan, perawatan kesehatan, harapan hidup, pendidikan umum, kebebasan ekonomi, dan perlindungan kebebasan sipil dan hak-hak politik.

14. Meksiko

Mexico City, pusat ekonomi Meksiko
Meksiko adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Utara. Sejak Perang Dunia II, negara ini telah mengubah tumpuan dari ekonomi berdasarkan pertanian kepada ekonomi pertambangan. Meksiko kaya dengan minyak bumi dan pada satu ketika merupakan negara terbesar ke-10 penghasil minyak bumi di dunia. Di samping itu, negara ini merupakan pengekspor perak yang terpenting di dunia. Negara ini adalah negara dengan tingkat kriminalitas tertinggi di dunia.



15. Korea Selatan

Seoul, ibukota Korea Selatan
Korea Selatan adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Korea Selatan memiliki ekonomi pasar dan menempat urutan kelima belas berdasarkan PDB. Sebagai salah satu dari empat Macan Asia Timur, Korea Selatan telah mencapai rekor ekspor impor yang memukau, nilai ekspornya merupakan terbesar kedelapan di dunia. Sementara, nilai impornya terbesar kesebelas. Kesuksesan ekonomi Korea Selatan dicapai pada akhir 1980-an ketika PDB berkembang dari rata - rata 8% per tahun (US$2,7 milyar) pada tahun 1962 menjadi US$230 milyar pada 1989 Jumlah ini kira - kira 20 kali lipat dari Korea Utara dan sama dengan ekonomi - ekonomi menengah di Uni Eropa. Kemajuan ekonomi ini dikenal dengan nama Keajaiban di Sungai Han.


16. Belanda

Amsterdam, ibukota Belanda
Belanda adalah sebuah negara di Eropa bagian barat laut. Belanda mempunyai ekonomi yang maju dan terbuka yang mana pemerintahan telah mengurangi peranannya dalam mengawal ekonomi Belanda sejak 1980-an. Aktivitas ekonomi utama di Belanda adalah termasuk pemrosesan makanan, bahan kimia, pemrosesan minyak, dan pembuatan mesin listrik. Walaupun sektor pertaniannya hanya menyediakan peluang pekerjaan kurang dari 4% populasi, Belanda mampu menghasilkan kelebihan dalam industri makanan untuk diekspor. Belanda menduduki urutan ketiga dalam daftar pengekspor makanan, setelah Amerika Serikat dan Perancis.


17. Turki

Turki adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Sejak tahun 2005, Turki adalah satu-satunya negara Islam pertama yang berunding menyertai Uni Eropa, setelah merupakan anggota koalisi sejak tahun 1963. Turki juga merupakan anggota negara industri G20 yang mempertemukan 20 buah ekonomi yang terbesar di dunia. Negara ini merupakan salah satu anggota pendiri PBB, Organisasi Konferensi Islam (OKI), OECD, dan OSCE, serta negara anggota Dewan Eropa sejak tahun 1949, dan NATO sejak tahun 1952.

18. Indonesia

Jakartta, kota terbesar Indonesia
adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau. Saat ini ekonomi Indonesia telah cukup stabil. Pertumbuhan PDB Indonesia tahun 2004 dan 2005 melebihi 5% dan diperkirakan akan terus berlanjut. Namun demikian, dampak pertumbuhan itu belum cukup besar dalam memengaruhi tingkat pengangguran, yaitu sebesar 9,75%. Perkiraan tahun 2006, sebanyak 17,8% masyarakat hidup di bawah garis kemiskinan.


19. Swiss

Zurich, kota terpenting Swiss
Swiss adalah sebuah negara federal berisi 26 canton di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Perancis, Italia, Liechtenstein dan Austria. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral namun tetap memiliki kerjasama internasional yang kuat. Negara ini merupakan salah satu negara termakmur di dunia.




20. Polandia

Warsawa
Polandia adalah sebuah negara republik di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman di sebelah barat Perbatasan Oder-Neisse, Ceko dan Slovakia di sebelah selatan, Rusia (Kaliningrad), Lithuania di sebelah timur laut dan Belarus serta Ukraina di sebelah barat (Garis Curzon). Negara ini memang bukan negara yang kuat ekonominya namun, negara ini memiliki PDB sebesar AS$400 milyar atau ke-20 terbesar di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar