Jumat, 06 Januari 2012

10 Kuil / Candi Termegah di Asia Versi Algar City

1. Candi Borobudur, Indonesia

Candi Borobudur
Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Ini adalah candi buddha terbesar di dunia.

2. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat, Kamboja
Angkor Wat, adalah sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja, dan dianggap sebagai salah satu dari keajaiban dunia. Ia dibangun oleh Raja Suryavarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat terletak di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil yang indah, tetapi Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal di dataran Angkor. Pada tahun 1992 Angkor Wat masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.



3. Shwedagon Pagoda, Myanmar

Shwedagon Pagoda
Shwedagon Pagoda, juga dikenal dengan julukan Pagoda Emas, adalah sebuah stupa atau pagoda setinggi 98 meter (321,5 kaki) yang berlapis emas dan terletak di Yangon, Myanmar. Pagoda ini terletak di bagian barat Danau Kandawgyi, di bukit Singuttara, dan mendominasi pemandangan kota Yangon. Stupa buddhis ini adalah yang paling suci bagi bangsa Birma karena menyimpan relik Buddha terdahulu, yaitu tongkat Kakusandha, saringan air Konagamana, sepotong jubah Kassapa, dan delapan helai rambut Siddharta Gautama, Buddha historis.









4. Wat Rong Khun, Thailand

Candi Wat Rong Khun
Wat Rong Khun adalah perpaduan antara candi Hindu dan Buddha yang terletak di Chiang Rai, Thailand. Candi ini didesain oleh Chalermchai Kositpipat. Konstruksi dimulai tahun 1997 dan selesai tahun 2008. Candi ini berbeda dengan candi lainnya di Thailand. Karena candi ini didesain dengan warna putih dan beberapa kaca putih. Warna putih melambangkan kemurnian Tuan Buddha dan kaca putih melambangkan kebijaksanaan Tuan Buddha yang bersinar terang di seluruh bumi dan alam semesta.


5. Paro Taktsang, Bhutan

Paro Taktsang
Paro Taktsang adalah sebuah candi terkemuka dalam Buddha Himalaya. Candi ini mulai dibangun pada tahun 1692 di sekitar Taktsang Senge Samdrup, gua dimana Guru Padmasambhava berkata bahwa ia telah bermeditasi selama tiga bulan pada abad ke delapan. Padmasambhava disebut dengan orang yang memperkenalkan Buddha ke Bhutan dan merupakn dewa yang mengawasi negara. Paro Taktsang adalah yang paling terkenal diantara 13 Taktsang lainnya atau gua "Sarang Macan", di mana ia bermeditasi.



6. Candi Prambanan, Indonesia

Kompleks Candi Prambanan
Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di pulau Jawa, kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km barat Surakarta dan 120 km selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan. Candi ini dibangun pada tahun 850 Masehi oleh salah seorang dari kedua orang ini, yakni Rakai Pikatan, raja kedua wangsa Mataram I atau Balitung Maha Sambu, semasa wangsa Sanjaya.


7. Tian Tan, China

The Temple of Heaven
Tian Tan adalah tempat pemujaan agama Tao yang terletak di Beijing. Dibagun pada abad 15 M tepatnya dimulai tahun 1420 M (Dinasti Ming) dan dibuat di atas lahan seluas 2.700 KM².Arsitekturnya menyimbolkan hubungan bumi dan langit (manusia dan Tuhannya). Ini berkaitan dengan kaisar sebagai anak langit dalam kepercayaan Mitologi Cina. Dibangun sebagai persembahan untuk langit. Ini adalah alasan mengapa Kota Terlarang berukuran lebih kecil, karena kaisar tidak berani membuat tempat tinggal yang lebih besar daripada kuil langit.


8. Kuil Chion-in, Jepang

Cion-In, Jepang
Chion-in ini adalah markas besar Jodo-shu (Sekte Tanah Murni) didirikan oleh Hōnen (1133-1212), yang menyatakan bahwa makhluk hidup dilahirkan kembali di dalam Amida Buddha Paradise Barat (Tanah Murni) dengan mengucapkan Nembutsu, nama Amida Buddha. Candi yang asli mulai dibangun pada oleh murid Honen, Genchi pada tahun 1183 dan selesai pada tahun 1238 dan candi ini diberi nama sama dengan sama tuannya, Cion-In. 










9. Istana Potala, Tibet


Istana Potala
Istana Potala berada di kota Lhasa, Tibet. Tempat ini diberi nama dari tempat yang ia berada, Gunung Potala, tempat kediaman Chenresig atau Avalokitesvara. Istana Potala adalah tempat kediaman utama dari Dalai Lama hingga masa Dalai Lama ke 14 mengungsi ke Dharamsala di India, setelah serangan dan kekalahan bertahan di tahun 1959. Sekarang ini, Istana Potala diubah fungsinya oleh negara Cina menjadi sebuah museum. Bangunan istana ini berukuran 400 meter timur-ke-barat dan 350 meter utara-ke-selatan.



10. Sigiriya, Sri Lanka

Batu Sigiriya

Sigiriya (batu Singa) adalah benteng dan istana batu kuno yang terletak di distrik Matale, Sri Lanka, dikelilingi oleh sisa kebun, waduk dan struktur lainnya. Merupakan destinasi wisata populer, Sigiriya juga terkenal akan lukisan kunonya. Sigiriya dibangun pada masa pemerintahan Raja Kassapa I (477 – 495), dan merupakan salah satu dari tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO di Sri Lanka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar