Kamis, 12 Januari 2012

Kota yang menyelenggarakan Piala Eropa 2012

Euro 2012 diadakan di Polandia dan Ukraina mulai dari 9 Juni sampai 1 Juli 2012. Ini adalah ketiga kalinya piala Eropa diadakan di dua negara tuan rumah, sebelumnya pada tahun 2000 di Belanda dan Belgia serta 2008 di Swiss dan Austria. Euro 2012 mempunyai maskot bernama Slavek dan Slavko.



Untuk penyelenggara, masing-masing empat kota di Polandia dan di Ukraina menjadi tempat penyelenggaraan turnamen. Berikut adalah kota yang menjadi penyelenggara Piala Eropa 2012 :


A. POLANDIA

Sebanyak 26 miliar euro dikeluarkan oleh pemerintah Polandia dalam persiapannya sebagai tuan rumah Euro 2012. Jumlah itu belum total pengeluaran karena duit sekitar 315 triliun rupiah tersebut hanya untuk perbaikan infrastruktur.
Jalanan diperbarui dan akses ke sejumlah negara tetangga, terutama ke Ukraina, diperbanyak. Seluruh bandara di 4 kota penyelenggara juga mendapatkan perbaikan secara signifikan. Setidaknya dengan penambahan jumlah terminal, dan kereta antar kota.
Untuk pembangunan renovasi stadion, Polandia mengeluarkan uang tak kurang dari 1 miliar euro ! Alokasi biaya terbesar adalah pembangunan National Stadium di Warsawa sebesar 500 juta euro.
Hanya saja, arena berkapasitas 58 ribu tempat duduk, yang menjadi venue pembukaan Euro 2012, ini belum juga dibuka secara resmi. Rencananyapartai perdana di stadion ini digelar pada 11 Februari 2012 antara Legia Warsaw vs Wisla Krakow


1. Warsawa

 Kota ini adalah ibukota sekaligus menjadi kota terbesar di Polandia. Kota ini akan memiliki stadion terbesar di Polandia yakni Stadion Norodwy yang menjadi markas tim nasional Polandia. Warsawa memiiliki populasi sebesar 1.7 juta orang dan luas wilayahnya adalah 517 km persegi. Kota ini berada di ketinggian 107 m di atas permukaan laut. Kota ini digunakan pada 3 pertandingan grup A, 1 partai perempat final, dan 1 pertandingan semifinal. Kota ini pun menjadi tempat pembukaan Euro 2012.


2. Gdansk

Kota ini terletak di pinggir pantai utara Polandia dengan ketinggian rata-rata hanya mencapai 13 m di atas permukaan laut. Kota ini memiliki populasi sebesar 456 ribu jiwa. Kota ini terkenal dengan pembantaian oleh NAZI. Kota ini diserahkan kepada Polandia setelah habisnya Perang Dunia II pada tahun 1945. Penduduk Jerman yang tinggal di kota ini lalu sebagian besar mengungsi ke Jerman Barat.



3. Poznan

Poznań merupakan kota yang terletak di bagian barat Polandia. Penduduknya berjumlah 578.900 jiwa (2002). Kota ini memiliki luas sebesar 265 km persegi. Kota ini memiliki stadion besar yang bernama Municipal Stadium yang berkapasitas sebesar 41.500 penonton. Stadion ini rencananya dipakai untuk 3 pertandingan grup C. Kota ini menjadi markas dari klub 6 kali juara liga Polandia, Lech Poznan, Warta Poznan, dan TS Olimpia Poznan. Stadion ini mempunyai ukuran sebesar 105 x 68.



4. Wroclaw

Wrocław adalah ibukota Provinsi Dolnoslaskie. Wroclaw dibelah sungai Odra. Kota ini memiliki penduduk sekitar 638.000 jiwa. Wrocław atau memiliki sejarah yang panjang dan bergejolak. Kota Silesia ini pernah dikuasai oleh Bohemia, Prusia dan terakhir Polandia. Kota ini diserahkan kepada Polandia setelah habisnya Perang Dunia II pada tahun 1945.
Para penduduk kota ini lalu kebanyakan berasal dari Lwów yang dimasukkan ke wilayah Uni Soviet.


B. UKRAINA

Ukraina melakukan pembenahan infrastruktur terbesar dalam 20 tahun kemerdekaan mereka demi menyambut Euro 2012. Setelah muncul beberapa hambatan, hampir semua stadion dan bandara siap beroperasi saat turnamen bergulir.
Hanya saja fasilitas publik lainnya seperti Jalan Tol, akomodasi hotel, serta sistem rel kereta belum maksimal. Tak mengherankan apabila tim-tim besar lebih memilih Polandia yang lebih maju fasilitasnya daripada Ukraina. 


1. Kharkiv


Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina. Kota ini adalah ibukota pertama Ukraina Soviet, kini merupakan pusat administratif Oblast Kharkiv, dan juga pusat administratif Raion Kharkiv. Kota ini terletak di timur laut Ukraina. Pada tahun 2006, kota ini memiliki jumlah populasi sebesar 1.461.300 jiwa. Kharkiv adalah pusat budaya, ilmu pengetahuan, pendidikan, transportasi dan industri Ukraina. Spesialisasi industri kota ini kebanyakan dalam bidang permesinan. Terdapat ratusan perusahaan industri di kota ini.


2. Lviv


Lvivadalah sebuah kota yang sekarang terletak di sebelah barat Ukraina. Kota ini memiliki penduduk sekitar 730.000 jiwa (dengan tambahan 200.000 jiwa yang hidup di sekitar kota ini. Kota ini merupakan ibukota daerah L'viv dan sebuah pusat kebudayaan Ukraina. Di kota ini banyak terletak industri, Universitas Lviv, sebuah orkestra filharmonik dan sebuah teater opera dan balet. Pusat kota historis juga terdapat pada daftar warisan dunia UNESCO. Kota ini berhasil selamat dari 30 perang, hujan badai, dan kebakaran.



3. Donetsk

Donetsk merupakan kota yang terletak di Ukraina bagian timur. Penduduknya berjumlah 987.000 jiwa (2005). Kota ini adalah markas dari juara liga Ukraina musim 2010/11, Shakhtar Donetsk. Metalurg Donetsk pun bermarkas di kota ini. Kota ini memiliki stadion yang mampu menampung sebanyak 52.500 tempat duduk, yakni Donbass Arena. Kota ini memiliki populasi sebesar 1.100.000. Kota ini pun menjadi kota terbesar ketiga di Ukraina.




4. Kyiv

Kiev adalah ibu kota Ukraina. Bentuk Kiev berasal dari bahasa Rusia sedangkan bentuk Kyiv berasal dari bahasa Ukraina. Kota ini memiliki penduduk sekitar 2,6 juta jiwa. Gereja Sofia di Kiev adalah sebuah warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1990. Kota ini adalah ibukota sekaligus kota terbesar di Ukraina, Kota ini akan memainkan partai penutupan Euro 2012, yang akan digelar di stadion kebanggannya, yakni Olympic Stadium yang berkapasitas sebesar 65.400 atau yang terbesar di antara kota-kota penyelenggara lainnya.


Ok...! Semoga bermanfaat bagi para pengunjung...!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar